Saturday, 23 May 2015

KISI-KISI UAS GENAP FISIKA KELAS XI

disajikan gambar benda yang dikenai oleh gaya yang bekerja pada benda tersebut tegak lurus terhadap lengan momen. Siswa dapat menghitung momen gaya pada benda tersebut.
Disajikan beberapa pernyataan, siswa menunjukan beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya momen inersia.
Disajikan gambar sebuah batang homogen dengan diketahui panjang dan massanya. Siswa dapat menghitung momen inersia sistem
siswa dapat menentukan hubungan langsung antara besaran fisika dengan gerak rotasi
disajikan gambar sebuah benda homogen yang berputar, siswa dapat menentukan bentuk persamaan momen inersianya
siswa dapat menentukan hubungan persamaan gaya dengan momen inersia
Disajikan gambar dua benda bidang homogen persegi panjang dan segitiga yang terletak pada sumbu X dan sumbu Y. Siswa menentukan letak titik berat benda tersebut.
Dua buah benda memiliki bentuk yang berbeda digelindingkan dari puncak suatu bidang miring berbarengan, siswa dapat menentukan benda yang sampai kaki bidang duluan
Disajikan gambar  katrol yang diketahui massa dan jari-jarinya. Siswa menghitung kecepatan sudut roda jika dililitkan tali dan ditarik dengan gaya tertentu.
siswa dapat menentukan energi kinetik akhir  dari  benda  yang berotasi dengan kecepatan sudut diperbesar dua kali
disajikan gambar sebuah tongkat yang memiliki massa, dikenai oleh berbagai gaya. Siswa dapat menentukan torsi totalnya
siswa dapat menentukan kecepatan sudut akhir ketika momen inerisa awal, momen inersia akhir, dan kecepatan sudut awal diketahui
siswa dapat menyebutkan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dari hukum pascal
siswa dapat menghitung tekanan total/mutlak yang terjadi pada fluida jika diketahui tekanan udara/atmosfer , ketinggian dari permukaan, gaya gravitasi, dan massa jenis zat cair
siswa dapat menentukan gaya angkat pada lubang yang memiliki luas permukaan terbesar, jika gaya dan luas permukaan lubang kecil diketahui pada dongkrak hidrolik
disajikan gambar tabung U, siswa dapat menentukan ketinggian oli jika diketahui ketinggian air, massa jenis oli, dan massa jenis air diketahui
disajikan beberapa aplikasi dari fulida , siswa dapat menunjukan yang termasuk contoh aplikasi fluida statis
siswa dapat menentukan konsep benda ketika mengapung
siswa dapat menghitung gaya ke atas jika diketahui besaran volume tercelup, massa jenis zat cair, dan gaya gravitasi
siswa dapat menghitung  berat benda di udara/darat jika gaya ke atas dan berat dalam zat cair diketahui
siswa dapat mendefinisikan konsep kapilaritas
disajikan gambar pipa yang memiliki dua buah luas permukaan yang berbeda dan kecepatan aliran di luas permukaan yang besar diketahui, siswa dapat menghitung kecepatan aliran di luas permukaan kecil
disajikan beberapa aplikasi yang berkenaan fluida, siswa menentukan konsep yang sesuai dengan asas bernouli
disajikan sebuah bejana yang bocor, siswa dapat menghitung kecepatan aliran jika gaya gravitasi, tinggi permukaan dengan dasar, dan tinggi dari dasar sampai lubang diketahui
disajikan gambar venturimeter, siswa dapat menghitung kecepatan aliran, jika diketahui beda ketinggian dari dua buah pipa, luas permukaan masing-masing lubang, dan gaya gravitasi
siswa dapat menunjukan konsep sayap pesawat terbang sehingga dapat terbang
siswa dapat menetukan proses perubahan suatu sistem gas pada tekanan tetap
siswa dapat menghitung suhu akhir pada konsep iskhorik/isovolum jika diketahui tekanan awal dan akhir , dan suhu awal
siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar energi kinetik rata-rata partikel gas
siswa dapat menentukan keadaan gas jika diketahui keadaan awal, suatu gas memiliki tekanan P1 dengan volume V1. Gas tersebut ditekan sedemikian hingga menjadi 1/2V1
disajikan beberapa grafik hubungan P-V , siswa dapat menujukan grafik isotermal
siswa dapat menghitung kecepatan efektif molekul gas jika diketahui massa jenis gas  pada tekanan dan suhu tertentu
disajikan beberapa pernyataan tentang gas, siswa dapat menyebutkan beberapa pernyataan yang sesuai dengan konsep gas ideal
disajikan data besaran gas volume, suhu awal, suhu akhir, dan dipanaskan secara isobarik, dan tekanan gas. siswa dapat menghitung usaha yang terjadi pada gas tersebut
disajikan grafik hubungan P-V dan terjadi siklus yang berbentuk persegi panjang, siswa dapat menghitung besar usaha totalnya
disajikan data suatu sistem mengalami proses adiabatik. Pada sistem dilakukan usaha, perubahan energi dalam sistem. Siswa dapat mwnghitung besar kalor yang diserap sistem
siswa dapat mendefiniskan hukum termodinamika ke 1
siswa dapat menghitung besar efsiensi mesin carnot, jika diketahui suhu tinggi dan suhu rendahnya
disajikan grafik hubungan P-V dan terjadi siklus carnot, jika diketahui suhu tinggi, suhu rendah, dan kalor yang diserap, siswa dapat menentukan usaha yang dilakukan oleh sistem
disajikan data efesiensi sebuah mesin carnot jika suhu rendahnya diketahui, siswa dapat menentukan besar nilai suhu tingginya