disajikan gambar benda yang dikenai oleh gaya yang bekerja pada
benda tersebut tegak lurus terhadap lengan momen. Siswa dapat menghitung
momen gaya pada benda tersebut.
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa menunjukan beberapa faktor yang
mempengaruhi besarnya momen inersia.
|
Disajikan gambar sebuah batang homogen dengan diketahui panjang
dan massanya. Siswa dapat menghitung momen inersia sistem
|
siswa dapat menentukan hubungan langsung antara besaran fisika
dengan gerak rotasi
|
disajikan gambar sebuah benda homogen yang berputar, siswa dapat
menentukan bentuk persamaan momen inersianya
|
siswa dapat menentukan hubungan persamaan gaya dengan momen
inersia
|
Disajikan gambar dua benda bidang homogen persegi panjang dan
segitiga yang terletak pada sumbu X dan sumbu Y. Siswa menentukan letak titik
berat benda tersebut.
|
Dua buah benda memiliki bentuk yang berbeda digelindingkan dari
puncak suatu bidang miring berbarengan, siswa dapat menentukan benda yang
sampai kaki bidang duluan
|
Disajikan gambar katrol
yang diketahui massa dan jari-jarinya. Siswa menghitung kecepatan sudut roda
jika dililitkan tali dan ditarik dengan gaya tertentu.
|
siswa dapat menentukan energi kinetik akhir dari
benda yang berotasi dengan kecepatan
sudut diperbesar dua kali
|
disajikan gambar sebuah tongkat yang memiliki massa, dikenai
oleh berbagai gaya. Siswa dapat menentukan torsi totalnya
|
siswa dapat menentukan kecepatan sudut akhir ketika momen
inerisa awal, momen inersia akhir, dan kecepatan sudut awal diketahui
|
siswa dapat menyebutkan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
dari hukum pascal
|
siswa dapat menghitung tekanan total/mutlak yang terjadi pada
fluida jika diketahui tekanan udara/atmosfer , ketinggian dari permukaan, gaya
gravitasi, dan massa jenis zat cair
|
siswa dapat menentukan gaya angkat pada lubang yang memiliki
luas permukaan terbesar, jika gaya dan luas permukaan lubang kecil diketahui
pada dongkrak hidrolik
|
disajikan gambar tabung U, siswa dapat menentukan ketinggian oli
jika diketahui ketinggian air, massa jenis oli, dan massa jenis air diketahui
|
disajikan beberapa aplikasi dari fulida , siswa dapat menunjukan
yang termasuk contoh aplikasi fluida statis
|
siswa dapat menentukan konsep benda ketika mengapung
|
siswa dapat menghitung gaya ke atas jika diketahui besaran
volume tercelup, massa jenis zat cair, dan gaya gravitasi
|
siswa dapat menghitung berat
benda di udara/darat jika gaya ke atas dan berat dalam zat cair diketahui
|
siswa dapat mendefinisikan konsep kapilaritas
|
disajikan gambar pipa yang memiliki dua buah luas permukaan yang
berbeda dan kecepatan aliran di luas permukaan yang besar diketahui, siswa
dapat menghitung kecepatan aliran di luas permukaan kecil
|
disajikan beberapa aplikasi yang berkenaan fluida, siswa
menentukan konsep yang sesuai dengan asas bernouli
|
disajikan sebuah bejana yang bocor, siswa dapat menghitung
kecepatan aliran jika gaya gravitasi, tinggi permukaan dengan dasar, dan
tinggi dari dasar sampai lubang diketahui
|
disajikan gambar venturimeter, siswa dapat menghitung kecepatan
aliran, jika diketahui beda ketinggian dari dua buah pipa, luas permukaan
masing-masing lubang, dan gaya gravitasi
|
siswa dapat menunjukan konsep sayap pesawat terbang sehingga
dapat terbang
|
siswa dapat menetukan proses perubahan suatu sistem gas pada
tekanan tetap
|
siswa dapat menghitung suhu akhir pada konsep iskhorik/isovolum
jika diketahui tekanan awal dan akhir , dan suhu awal
|
siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar
energi kinetik rata-rata partikel gas
|
siswa dapat menentukan keadaan gas jika diketahui keadaan awal,
suatu gas memiliki tekanan P1 dengan volume V1. Gas tersebut ditekan
sedemikian hingga menjadi 1/2V1
|
disajikan beberapa grafik hubungan P-V , siswa dapat menujukan
grafik isotermal
|
siswa dapat menghitung kecepatan efektif molekul gas jika
diketahui massa jenis gas pada tekanan
dan suhu tertentu
|
disajikan beberapa pernyataan tentang gas, siswa dapat
menyebutkan beberapa pernyataan yang sesuai dengan konsep gas ideal
|
disajikan data besaran gas volume, suhu awal, suhu akhir, dan
dipanaskan secara isobarik, dan tekanan gas. siswa dapat menghitung usaha
yang terjadi pada gas tersebut
|
disajikan grafik hubungan P-V dan terjadi siklus yang berbentuk
persegi panjang, siswa dapat menghitung besar usaha totalnya
|
disajikan data suatu sistem mengalami proses adiabatik. Pada
sistem dilakukan usaha, perubahan energi dalam sistem. Siswa dapat mwnghitung
besar kalor yang diserap sistem
|
siswa dapat mendefiniskan hukum termodinamika ke 1
|
siswa dapat menghitung besar efsiensi mesin carnot, jika
diketahui suhu tinggi dan suhu rendahnya
|
disajikan grafik hubungan P-V dan terjadi siklus carnot, jika
diketahui suhu tinggi, suhu rendah, dan kalor yang diserap, siswa dapat
menentukan usaha yang dilakukan oleh sistem
|
disajikan data efesiensi sebuah mesin carnot jika suhu rendahnya
diketahui, siswa dapat menentukan besar nilai suhu tingginya
|
blog ini berfungsi saling shering mata pelajaran fisika di madrasah aliyah lingkungan kkm man kronjo kab. tangerang